buat para pere-pere [cecewek]
kehamilan identik dengan rasa takut, kebanggaan, dan rasa sakit yang luar biasa,,,

entah kenapa ndin terinspirasi untuk memposting tulisan ini,,,
inspirasi ini datang ketika suatu hari……

saat itu ndin berada di lab bersama analis kimia,,,
ndin lagi melakukan praktikum metode Kjeldahl untuk mengetahui komposisi N dalam yeast extract dan triptone
kedua bahan itu [yeast extract dan tripton] merupakan salah satu bahan dalam medium pertumbuhan si mikroba

ndin, ini uda biru bening niy tripton dan yeast nya…

oiya teh…berarti didistilasi aja habis ini….

ndin dan si teteh analis kemudian mengambil tabung Kjehdahl dan menaruhnya di tempat yang aman..
saat itu…


aduh aduh ndin…

kenapa teh?!

ga bisa menunduk niy…aduh sakit…

si teteh itu memegang perutnya…

aduh…uda berapa bulan emang, teh?!

lima bulan…

istirahat dulu aja teh..

oh uda gak papa ko…

eumm,,,kira-kira perempuan atau laki, teh?eumm,,menurut andin siy perempuan. soalnya teteh pas hamil lebih cantik dan rapih daripada sebelumnya, katanya siy kalo lagi hamil perempuan, ciri-cirinya kayak gitu…

ah andin ini…

—————
kemudian saat di lab…
si analis kimia sedang berjalan…


aduh aduh,,,Ya ALLAH,,,

si teteh itu sambil menunduk,,,memegang perutnya
tampak kesakitan banget…
ia mencari pegangan…


Ya ALLAH…
huh…

—————

menurut ndun,,,
kehamilan adalah sesuatu yang luar biasa…
wanita yang sedang hamil adalah wanita yang begitu sangat terhormat…
karena ia telah siap mengorbankan nyawanya di medan pertempuran persalinan…

menanggung beban seberat itu adalah ‘kenikmatan’
meskipun ‘kenikmatan’ yang dimaksud selalu didera rasa sakit yang luar biasa…
itulah wanita…!
‘kenikmatan’ wanita bukan diartikan sebagai kenikmatan sesungguhnya…
menstruasi bagi wanita itu adalah anugerah dariNYA…
sekaligus suatu ‘kenikmatan’ yang menyakitkan…
karena di hari pertama menstruasi, beberapa wanita harus berguling-guling menahan kesakitan…
beberapa wanita malah bisa sampai pingsan menahan sakitnya hari pertama…

kehamilan bagi wanita juga anugerah dariNYA…
sekaligus suatu ‘kenikmatan’ yang juga menyakitkan…
karena di hari-hari kehamilan, entah sudah berapa ribuan kali mereka mengeluh kesakitan dalam hati
entah sudah berapa kali, wajahnya meringis menahan derita
entah sudah berapa kali mereka mencoba tetap berdiri mencari pegangan untuk mengatasi kesakitannya…
entah sudah berapa kali mereka mencoba menjaga omongannya agar tidak berpengaruh ke si mungil di kandungan

nikmat yhaa menjadi wanita…

wanita lebih dahulu merasakan perihnya hidup dibanding pria…
wanita lebih dahulu merasakan mana batas antara hidup dan mati dibandingkan pria…
kalau bisa dibilang,,,
status ‘pejuang yang bertempur di medan perang’ juga bisa disematkan pada wanita..

————-in ndun’s imagination————-

ga bisa kebayang bagaimana nantinya ndun menghadapi ‘nikmat’nya kehamilan
tentunya perut membuncit…
makin enduth…
pipi makin tembem…
makin sensitif…
makin ‘messy’ kalo lagi hamil cowok…
makin menjaga penampilan klo lagi hamil cewek…
dan tentunya makin didera rasa sakit…
hwaaaa…..

————————–

tapi herannya,,,
wanita kadang tidak menyadari ke’luar biasa’annya…