tulisan ini terinspirasi sabtu 17 mei 2008 kemaren
di hari itu, menjelang ujian Bahan Konstruksi dan Korosi di lantai 3 Tekim
sebenernya ujian dilaksanakan pukul 9.30
tapi sampe jam 9.45, belum ada tanda-tanda akan dilaksanakannya ujian
ruangan masih dikunci,,
jadilah kami, anak-anak yang akan ujian, menunggu di luar ruangan di lantai 3,,,
kita semua duduk di lantai,,,
ada yang masih membaca text book,
ada yang uda bosen dan mulai bercerita ngalor ngidul,,,,

ndun tertarik dengan bahan obrolan si X[cowok] dengan cowok2 lain di sebelah ndun,,,
cowok2 ngegosip?!
heu3,,,
mereka serius ketakutan banget!
bahkan salah satu dari mereka [sebut saja si Y] ada yang sampe berteriak ketakutan mendengar cerita si X

“cerita tentang apa, X?” ndun tanya

“itu! tentang lab Mikro dan Lab Bioproses,,,”jawab si X sambil tersenyum

“wah,,,pantes aja si Y mpe ketakutan gitu! hahahaha,,,” ndun gangguin si Y,,,

“gimana kalo gue nginep di lab Mikro?! waaa!!!” si Y berbicara ketakutan sambil menggaruk-garuk kepalanya

*heran,,ternyata cowok ada yang ketakutan mpe segitunya* heu3,,piss ah!

“kan lo penelitiannya ama Pak ****, ga akan nginep di lab Mikro atuh!” jawab cowok lain menenangkan si Y

“wa,,iya! klo Y enak banget! nah klo ndin! siap2 de di Lab Mikro,,” jawab ndun dengan wajah memelas

“ndin waktu praktikum Kinster [=Kinetika Sterilisasi] nginep di lab Mikro?” tanya si X ke ndun

“iya,,,emang X ga nginep?” tanya ndun balik

“gak,,,waktu ntu jam 1 malem saya pulang,,karena selesenya jam 1, tapi ya gitu saat saya pulang situasinya dingin banget! kayak ada yang ngikutin gitu, ndin. anginnya kerasa!”
“loh, andin ko sampe nginep?! slese praktikum Kinster jam brapa?”

“klo ndin jam 11 malem uda slese sebenernya, waktu ntu pingin pulang siy jam 11 itu, tapi masak cewek pulang malem2, lagian belum tentu ada angkot jam segitu. ya uda jadinya ndin nginep di lab”

“waktu tu nginep sama sapa aja?ada dua kelompok kan?!” tanya si X pada ndun

“waktu ntu yg praktikum cuma satu kelompok aja, jadi ya berdua aja di lab, ndin ama egin, cewek2 semua,,,”

semua cowok2 itu kaget!
“hah?! berdua aja? cewek2 semua?!terus gimana?! kalian mengalami sesuatu gitu?!” para cowok2 penasaran

“alhamdulillah ga ada yang aneh2 ko,,,emng siy ndin merasa merinding aja, tapi fine2 aja ko,,bahkan kita berdua bisa tidur dengan nyenyak banget di lab, heu3”

“wah,,,penelitian ndin nantinya juga bakal nginep di lab Mikro yah?!hati2 aja ndin,,,” celetuk salah seorang cowok pada ndun

waa!!! horror!

yupz…
lab Mikro tercinta *itu sebutan ndun ke lab horror itu!*
uda banyak anak2 subjurusan Bioproses dan Pangan yang bermalam di lab itu,,
dan ga sedikit yang berkomentar macem2,,
ada yang melihat penampakan ga wajar
ada yang mendengar suara misterius
dan itu bukan gosip!
berita itu sudah menyebar di kalangan anak2 Tekim,,,

ndun sendiri uda merasakan nginep di lab itu dua kali
pertama, saat praktikum Teknik Fermentasi di semester 5
praktikum ko nginep?
iya dari jam 9 pagi mpe menginap,,
coz setiap selang waktu, kami harus menganalisis pengurangan substrat dalam proses fermentasi itu…
jadinya ga tidur semaleman karena harus mengambil sampel tiap jam dan menganalisis sampel dengan mengukur absorbansinya
saat itu di lab Mikro ada 2 kelompok [1 kelompok=2orang], kelompok ndun dan kelompok lain yang melaksanakan praktikum yang berbeda
dan alhamdulillah ga ada kejadian yang menakutkan,,
semua fine-fine aja,,,

kedua, saat praktikum Kinetika Sterilisasi 9 April 2008 yang lalu
NAH INI!!! <== BOLD! CAPS LOCK! TANDA SERU 3 kali!
yang ada di lab cuma SATU kelompok aja!
padahal seharusnya ada 2 kelompok, satu kelompok lagi belum diijinkan dosen untuk melakukan praktikum saat itu.
jadilah KAMI BERDUA [ndin dan partner] bekerja di lab itu!
tapi alhamdulillah asistennya baik!
dia nungguin kami praktikum,,,
*mungkin asistennya ngerasa kasian ama kelompok ndun, coz yang praktikum CUMA BERDUA aja! CEWEK-CEWEK lagi!*
heu3,,,
tapi dia nungguinnya cuma sampe jam 10 malem *yah! sama aja!*
ya uda setelah itu, tinggal kami berdua sendiri,,,,
jam 11 malem, ndun dan partner uda slese praktikum,,,
kami membereskan segala macam peralatan praktikum,
mikroskop,
membersihkan waterbath
bersihin gelas kimia, tabung reaksi,,,
mencabut stop kontak,,,

setelah berdiskusi, akhirnya kami memutuskan untuk nginep di lab,,,,
alasannya karena kita cewek, pulang malem jam 11 sesuatu yang risky banget *kecuali klo ada yg nganterin pulang,heu3*!
selain itu, belum tentu masih ada angkot untuk pulang,,,
jadi ya nginep aja di lab Mikro tercinta!

“gin, tidurnya di lab Bioproses aja yuks, disana ada kasur” ajak ndun

Lab Bioproses terletak di depan Lab Mikro.
Lab Bioproses ini adalah lab yang mengejutkan! Suara kompresor di dalam Lab itu bener-bener ngagetin dag dig dug!
jadi kadang ndun suka serem sendiri klo lagi di lab Bioproses malem-malem, coz suara kompresornya itu loh!heu3

oke! kami memindahkan barang2 kami ke lab Bioproses,,,*boyongan, djeung!*
*sssttt,,tapi sebelum masuk Lab Bioproses, ndun membaca salam melakukan ‘ritual’ dulu*

ndun membuka pintu Lab Bioproses,,,
gelap!

“assalammualaikum warahmatullah wabarakaatuh”
“Bismillah,,,”

ndun nyalakan lampu Lab Bioproses,,,,
*nah untuk menyalakan lampu aja, susah banget! karena ndun ga tahu ‘cetekan’ lampunya di sebelah mana*
*deuwh bahasanya,,,’cetekan’?!heu3,,biarin ah! pake bahasa sendiri aja!*

uda terang benderang,,

*alhamdulillah,,* loh?!

selanjutnya,

“gin, ndun kunci lab Mikro dulu yah,,,” ndun meninggalkan partner ndun itu di lab Bioproses

eumm,,,
jujur, sebenernya kerjaan ngunci lab Mikro dan matiin semua lampu di lab Mikro SENDIRIAN adalah pekerjaan yang menyebalkan menakutkan buat ndun!
argh!
tapi ya namanya tanggung jawab!ya kudu dijalanin!
ndun meriksa semua barang-barang di Lab Mikro,,
siph! uda bersih semua!
ndun periksa pintu keluar Lab Mikro,,,
siph! locked!
ndun ngeliat sekeliling di lab Mikro,,,
huh! waktunya mematikan semua lampu,,,,
Bismillah,,,
cetek,,,
gelap,,,,
sangat gelap,,,
dag dig dug,,,

“Ya Allah, gelap banget! dingin!”

sebenernya ada dag dig dug ‘rasa’ itu,,,
tapi ndun ga mau ber’imajinasi’ ke yang aneh2,,,

‘ndun disini untuk praktikum, untuk menjalankan tanggung jawab!bukan untuk meng’ganggu’ makhluk lain! Hanya padaMu ndun berlindung!’

heu3,,,
pikiran ndun saat itu menyelesaikan tanggung jawab secepatnya,,,
ndun berjalan di kegelapan,,,
berjalan berlari keluar dari lab Mikro,,,
dan mengunci pintu utama,,,
alhamdulillah beres!!!

heu3,,,
horror!
yah namanya juga dunia,,
yang hidup di dunia bukan hanya manusia,,,
that’s why,,,
sama2 menghormati deiyh,,
manusia jangan mengganggu ‘yang lain’
‘yang lain’ jangan mengganggu manusia,,,
kan kita semua sama2 makhlukNYA,,,,

eumm,,,
siap2 ndun!
penelitian semaleman di Lab Mikro tercinta,,,,
*hiks2,,,, asiikkk!* heu3
*bawa seneng aja deiyh!*