23 januari 2008
pukul 20.00

membaca suatu novel islami karya Habiburrahman El Shirazi : Ketika Cinta Bertasbih 2

*Thanx for Kang Asep yang uda meminjamkan novel inspiratif ini

ndun jadi inget semuanya,,,
inget akan kebiasaan ndun dan keluarga yang mirip dengan kebiasaan keluarga si tokoh utama, Azzam
inget akan cara bertutur kata dalam kluarga ndun yang selogat dengan cerita tersebut
kangen…
rindu…
dan kocak…

mendoan
tempe goreng
yang sering disantap oleh keluarga tokoh utama
juga jadi makanan andalan ndun dan keluarga
mendoan,,,paling enak disantap biasa saat ngumpul-ngumpul bareng keluarga
bareng bunda, panda, dan mbk ririn saat lagi libur seraya nonton tv bareng-bareng
mendoannya klo bisa masih anget,,,trus dimaem sore-sore ato pas malem hari
ditaruh di piring besar,,,
bunda, panda, ndun, dan mbk ririn duduk di atas karpet sambil menikmati mendoan anget bareng
wah sedep!
apalagi klo ndun dan mbk ririn lagi rebutan milih mendoan yang paling gede,,,
rame banget dah!

tempe goreng,,,
kita paling suka tempe goreng yang diirisnya tipis-tipis dan digorengnya kering banget
kriuk kriuk….dengan bumbu yang pas buatan bunda…
kadang dimaem pake nasi saat makan malem bareng
ato sebagai jambalan aja pas lagi nonton tv
gurih-gurih banget!
klo dimaem pas makan malam breng, nasi dan tempe gorengnya kudu anget
trus pake sambel de,,,sambelnya mantep pisan,,,
kami sekeluarga lebih suka makan makanan2 yang simpel dan gak mewah2an,,,
lebih suka makan sayur asem ama dadar jagung
ato tempe penyet pun jadi dambaan untuk makanan pagi pas hari Minggu, tambah lalap ntu!
dadar telor plus sambel kecap uda bisa jadi makanan yang sedep sebelum ke sekolah
ikan asin juga gak nolak klo dihidangkan pas pagi-pagi…tambah sambal,,,yuhuu!
ikan teri disambel,,,wah, enaknya bunda!apalagi sama nasi yang anget!
tahu tek tek,,,,makanan yang tidak terlupakan!ada kerupuknya,,adu bikin ngiler!
telor ceplok panas pun uda lezat pake sambel kecap…
*makanan yang paling enak memang makanan rumahan, alias makanan buatan bunda sendiri!
*bahkan makanan semewah apapun gak akan bisa menandingi makanan simpel buatan bunda seperti di atas!

ngangenin banget!

dan yang paling ngangenin tu situasinya,,,
coz kita sekeluarga slalu makan bareng, nonton tv bareng, cerita bareng,,,
terbuka semuanya….
itu yang ngangenin banget!

cerita dalam novel tersebut bener-bener mengingatkan ndun pada kebiasaan keluarga ndun
dari logat bicaranya yang kental Jawa banget…
so pasti itu adalah ciri di keluarga ndun…
bunda dan panda biasanya menggunakan logat Jawa ini,,,
sedangkan ndun dan mbk ririn kebanyakan pake bahasa Indonesia, dan beberapa bahasa Jawa alus
seperti ‘monggo bu, pak,,,,‘ klo mau makan mendahului bunda dan panda
kerso pak? kerso bu?‘ [kerso=mau]
nyuwun duko nggih bu/pak‘ [=maaf ya bu/pak]
mboten mnopo-mnopo‘ [gak papa]
nyuwun pangestunipun‘ [mohon doa restu] biasanya klo mau ujian
pokoke yang standar-standar aja…

hayoh…kapokmu kapan?!
‘nggilani…rek!’
‘ben ben’e wae…’

heu3,,,yang paling ngangenin adalah perkataan2 di atas…
biasanya klo bercanda ama bunda dan panda, bunda dan panda sering menggunakan bahasa2 itu…
heu3,,,kangen!
apalagi logat bunda yang Suroboyo banget sambil ketawa ndenger lelucuan dari ndun ato mbk ririn
bunda dan panda kocak banget,,,
waduh,,,
“Bu,,,dik kangen banget ama ibu…”
*teringat akan wajah bunda yang bulet, putih, nggemesin, dan chubby
*dengan gelak tawa beliau yang beruntun,,,[mendengar gelak tawa beliau pun, ndun aja jadi pingin ketawa]

“Pak,,,dik pingin nyubit pipi bapak…”
*teringat akan wajah panda yang tersenyum manis dengan kumisnya yang tebaaal
*heu3,,jadi inget perkataan temen “bapakmu, orang India yah?kayak artis India”
*wah2,,jangan salah! panda adalah pria terganteng di dunia,,,ehm! [mulai narsis, djeung!]
*panda ntu orangnya tinggi banget!
*mangkanya ndun ditantang niy ama bunda,,”hayo dik, ntar pasangan dik kira-kira bisa ngalahin tingginya bapak gak?”
*weish,,,kira-kira gimana ya?
*harus ada yang bisa ngalahin kegantengan dan ketinggian panda niy,,,heu3
*biar ntar panda ada saingan,,,heu3!siap-siap ya, Pak…!heu3

yang bikin ngangenin lagi apa yah?
pasti cerita-cerita dengan bunda dan panda,,,
*namanya juga seorang anak perempuan, pasti kebanyakan cerita tentang temen, akademik, bahkan cowok yang ditaksir bo’!
nah klo yang ini mantep pisan!
apalagi klo ngomongin cowok ke bunda dan panda,,,
seru abis!
awalnya ngelucu bareng,,,[pastilah ndun terlebih dahulu mendeskripsikan si cowok idaman ini]
trus habis itu kita sama2 berdoa [semoga bla bla bla…amien!] heu3,,,
trus guyon lagi,,,[guyonan ala wong Suroboyo….mak nyuus!]
e bunda dan panda habis itu nasehatin ndun,,,[nasehat islami tentunya]
trus berdoa dilanjutkan,djeung,,,[ semoga….bla bla bla, amien]
e lagi-lagi guyon,,,[biasanya bunda niy yang suka ngguyoni,,heu3,,,]
laah ko malah selanjutnya bunda cerita tentang zaman-zaman romantis bunda dan panda pas dulu lagi deket-deketnya,,
*halah! ko akhirnya jadi bunda yang cerita,,,heu3,,,kocak2, bunda!
tapi justru itu yang bikin nambah deket,,,
suasana jadi bener-bener cair dan ndun bebas ngelantur kemana-mana,,,heu3
Luv u, mom!
Luv u, dad!

*ga bisa pulang niy bunda, panda,,,hiks!padahal kangen berat!
“yah,,klo demi mengejar cita-cita, gak papa dik klo ga pulang dulu,,,”kata bunda dan panda
itu yang paling ndun inget…
ah,,,ga kuat nahan kangen niy,,,telpon bunda panda aja de skarang,,,
udahan ah,,,mu nelpon bunda panda dulu,,heu3,,,
ngangenin banget!