27 Desember 2007

Kamis kemaren [271207] anak2 Divisi Workshop Himpunan Teknik Kimia [HIMATEK] ITB
ngadain acara kunjungan skaligus jalan-jalan di daerah Garut…
heu3…sehari sebelumnya, ada sms masuk djeung….

ndin, ikut jalan-jalan yuks ke Garut…diajakin tuh,
mumpung ada kursi kosong niy…ikut yah…?!

laah…kaget aja..
secara ndun bukan anak Workshop, tapi anak divisi DanUs,,
gapapa gt ikutan?
tapi setelah dipikir2,,,lumayan juga siy…
coz dapet ilmu tambahan karena kunjungan ke berbagai industri
trus denger2 juga bakal ke objek wisata…heu3…

yupz…sebenernya disuruh kumpul di depan gerbang kampus jam 6.00 WIB
karena bakal mw berangkat jam 6.30…

ndun nyampe jam 6.10 WIB…

6.20…
6.30…
tinggal nunggu sapa lagi siy?
heu3…penunjuk jalannya malah telat…gimana tho?

6.35…
6.40…
Afwan,,telat…
si penunjuk jalan baru dateng dan langsung naik ke bis…
brangkat….!

———————————-

Pukul 9.45 – 10.45

[rockyou id=96930300&w=426&h=319]

kita semua nyampe di Kecamatan Samarang…
tepatnya di daerah industri Mekar Wangi
hmmm….Mekar Wangi?
apaan ya?

Mekar wangi ini adalah suatu tempat yang memproses tumbuhan akar wangi
untuk menjadi apa?
let’s see….
Tumbuhan akar wangi ini ternyata bermanfaat…
Akarnya sendiri menghasilkan minyak yang dapat digunakan untuk pengikat wangi
selain itu, akarnya pun bisa digunakan untuk obat-obatan
Daun tumbuhan ini bisa digunakan untuk kompos
Lalu, ampas dari akarnya sendiri biasanya digunakan untuk kerajinan tangan
[seperti tas atau lain2], dan digunakan pula untuk jamu

masih penasaran dengan tumbuhan ini?
oke!
Tanaman ini hidup baik di atas permukaan laut dengan ketinggian di atas 1000 meter.
Sebenernya bisa tumbuh juga dibawah 1000 meter,
tapi kualitas dan kuantitas minyak yang terkandungnya tidak sebaik dan sebanyak
seperti yang tumbuh di atas 1000 meter.
Therefore, tumbuhan ini banyak ditanam di daerah Kec. Samarang

cara mengetest kualitas akar dari tumbuhan ternyata cukup simple
[dan hanya dilakukan oleh orang-orang yang memang sudah berpengalaman di bidang ini]
caranya cukup dengan menggigit akar tersebut…
gimana rasanya?
pahit?
yups! klo pahit, brarti kualitas minyak dalam akar tersebut bagus!
heu3…unik2….ga perlu dites lagi di lab!

Trus proses untuk dapet minyak gimana?
Intinya adalah distilasi!Dan masih menggunakan proses yang sangat konvensional
akarnya dibersihkan terlebih dahulu dan kemudian dikeringkan
Setelah dikeringkan, akar tersebut dimasukkan ke vessel lalu dikukus.
hasil yang diperoleh adalah uap, namun masih dalam campuran air dan minyak
uap tersebut dimasukkan dalam pipa lalu mengalami proses kondensasi lebih lanjut
Kemudian kondensat yang didapatkan ditampung terlebih dahulu
Tampak bahwa setelah ditampung, minyak dan air akan terpisah
Minyak berada di bagian atas, sedangkan airnya berada di bagian bawah
Setelah 7 jam ditampung, bagian minyaknya diambil dan disaring [kalau-kalau masih ada airnya]
Penyaringannya pun masih dilakukan secara manual…
Penyaringan menggunakan kertas monel yang seharga 1juta/m2 [waw!]
Setelah itu, barulah didapat minyaknya!

Berkunjung di daerah ini membuat ndun inget akan pelajaran OPD [Operasi Pemisahan Difusional]
seneng juga siy, ngeliat prosesnya…
[meskipun masih sangat sederhana]
setidaknya ndun bisa dapet manfaat luar biasa atas kunjungan ini….heu3
Kunjungan ini berakhir pukul 10.45 WIB

———————————-

Pukul 11.50 – 13.30

[rockyou id=96931685&w=426&h=319]

kali ini kita berkunjung ke Kabupaten Bandung
ke industri mana hayo?
Kali ini kita berkunjung ke industri yang benar-benar beda dengan industri Teknik Kimia pada umumnya
yupz…ke PT. Indonesia Power
tepatnya ke UBP. [Unit Bisnis Pembangkitan] Kamojang
sekilas dipikir-pikir..kyknya ini industri yang cocok untuk anak-anak jurusan elektro
Tapi Teknik Kimia juga blajar hal ini ko…
so…why not?

First impression ketika memasuki kawasan ini adalah…
dingin banget, djeung! luar biasa…
saat awal masuk ke kawasan kawasan industri ini,,,kita bakal bilang…
wow! keren banget!
ini namanya pabrik!
cooling towernya bo’…ini baru namanya Teknik Kimia..!heu3…

oke…
sekilas mengenai industri ini…
changing geothermal become electricity….
yupz…ini adalah PLTP yang akan menghasilkan listrik dari panas bumi…
media yang digunakan tentunya uap panas bumi yang nantinya akan menggerakkan turbin [nah klo ini jadi inget pelajaran Sistem Utilitas]..

1. Sambutan dari Ketua Rombongan Workshop HIMATEK ; Ibu Dr. Isdiriyani


2. Sambutan dari Divisi Humas UBP. Kamojang : H. Riyatno

didampingi Div. Operasi, Div. Lingkungan UBP. Kamojang
PT. Indonesia Power ini merupakan anak perusahaan dari PLN
untuk mengelola pembangkitan Jawa dan Bali
PT. Indonesia Power ini memeiliki 8 unit pembangkitan, salah satunya adalah PLTP Kamojang
PLTP. Kamojang ini sendiri terdiri dari 3 UBP:
1. UBP. GUnung Salak 180 MW di Bogor
2. UBP. Kamojang 140 MW di Kab. Bandung [yang sedang kita kunjungi kali ini]
3. UBP. Darajat 55 MW di Garut

3. Session 1 : Penjelasan PT. Indonesia Power

Geothermal merupakan alternative energy yang memiliki berbagai manfaat
Easy to find in large amount, terbarukan [renewable energy],
dan merupakan prospek yang cerah untuk masa depandan yang mengejutkan adalah,,ternyata 54% panas bumi di dunia ada di Indonesia
[wah bangsa Indonesia patut bersyukur akan kekayaan luar biasa ini…]
tapi surprisingly,,,baru sekitar 1.7 % saja yang terealisasi,,,
hmmm….hayoo…para engineer2 Indonesia,,waktunya kita untuk berpartisipasi,,,heu3

4. Session I : tanya jawab

Langsung aja ke jawabannya aja ya…
Panas bumi diprediksi menjadi energi akan datang yang berprospek cerah
mengingat, kebutuhan energi listrik yang meningkat 17% tapi pertumbuhan pembangkit tidak sepadan
Pemanfaatan pansa bumi sebenernya bermacam-macam
Contoh pemanfaatnnya adalah pemanfaatan energi panas untuk distilasi Mekar Wangi
Pemanfaatn lain adalah untuk sterilisasi jamur di kawasan sekitar
Uap panas yang keluar sebenernya masih belum pure uap! ada gas lain yang akan mengganggu seperti H2S dan gas lainnya
Namun, gas2 tersebut akan diproses lebih lanjut agar tidak mengganggu proses utama

5. Session II : Kunjungan ke Control Room

First impression : kereen…
tapi sayang, kita ga diperbolehkan foto2 di area ini
tapi bener de! ini namanya pabrik banget!
tapi setelah dilihat-lihat…knp co semua?
ada yang iseng nanya gini…
“Pekerjanya ada yang perempuan gak, Pak?”
“iya ada”
“Kok gak keliatan di pabrik?”
“Oh…yang perempuan kerjanya gak di pabrik, tapi bagian administrasi”

hmmm…padahal keren juga klo ada cewek yang kerjanya di pabrik,,,pasti keren banget ntu!
pingin, ndun? heu3

Yupz…kunjungan ini berakhir pukul 13.30 WIB

———————————-

Pukul 13.30

makan siang bareng….enak2….

———————————-

Pukul 14.00-15.45

[rockyou id=96932790&w=426&h=320]

saatnya ke objek wisata, Kawah Kamojang
wa asik banget! susah diungkapkan dengan kata-kata…
take a look those pictures….
“biarkan foto berbicara sendiri….”

———————————-

Pukul 18.45

yah….pulang de!heu3….