You are currently browsing the monthly archive for June 2007.

membedakan lampung dengan bandung

1.

—lampung panas abis

—bandung dingin-dingin gimana gituw…

2.

—lampung angkotnya gedebag gedebug, masang lagunya keras-keras, bikin jantungan aja…lagu disco lagi, bahkan ada yang masang DVD di angkotnya, tapi ya gitu videonya joget-joget gak nggenah…dah gitu kebut-kebutan lagi…

“angkot lampung gak nggenah, meleyat meleyot gak karuan” bunda pernah berujar kesal saat lagi nyetir, habis setiap kali angkotnya suka berhenti di tengah jalan, atau ngerem dadakan, atau nyalip sa’enak’e dewe, tapi herannya, anak muda lampung pada milih angkot yang kayak gitu, mereka lebih prefer angkot yang sopirnya masih remaja, tapi klo sopirnya uda tua, mereka gak mau naek angkot. parah! ndin siy mending milih supirnya si bapak-bapak, biar slamat, gak terlalu ngebut. daripada harus jantungan terus

bandung lebih ayem, ada beberapa siy yang suka ngebut gak jelas. tapi setidaknya gak kayak angkot di lampung yang masang lagu keras-keras. senengnya di bandung karena gini niyh…

3.

—lampung, yang pasti gak serame bandung

—bandung, yang pasti gak sesepi lampung

4.

—lampung: gak ada macet eyh, lancar aja, boz!

—bandung: macetnya wadow! nahan emosi kalo uda terjebak macet di bandung

5.

—lampung: pempeknya enak loh, yummy! [nah loh ko jadi pempek?]

—bandung: susah cari pempek yang seenak di lampung [heuheu]

6.

—lampung: ada keripik pisang yang enak loh! ada rasa coklat, asin, keju,,,top banget niyh!

—bandung: yupz…sale pisang sale pisang…..

apa lagi yah bedanya?heuheu

[lagi iseng, kangen ama home sweet home di lampung, kangen ortu]

malem kemaren ndin bongkar-bongkar CD yang ndin punya..
lagi pingin ngebongkar semua barang niyh hehehe
ada installer, CD yang didapet dari kampus, dll
salah satunya 2 CD lagu
ting ting..jadi inget de…
2 CD lagu itu dikasih ama temen ndin, ga nyangka juga siy…
tiba-tiba jegeblug aja dia ngasih
…pas lagi ngobrol bareng…
“oya ndin, aku bawa CD lagu niy, buat andin aja de…”
“Hhah? beneran? 2 CD bow! Dalam rangka apa niy?”
“Halah…buat andin aja de…, aku uda nge-save semuanya di kompie ku”
“hihi makasih yah…”

hoho baik banget dah tu orang!
Sebenernya kmaren-kmaren uda ndin dengerin dikit, tapi gak sampe menikmatinya banget.
nah, baru td malem, pas lagi nyantai-nyantai keinget de ama CD itu
CD lagu yang dikasih ama dy isinya kebanyakan lagu cewek yang pas banget buat ndin
[tau aja tu selera ndin]
Mariah Carey, Beyonce, Destiny’s Child, Alicia Keys
duw enakeun lagunya…
meskipun lagunya ada beberapa yang lawas, tapi ndin seneng karena semuanya ntu pemberian dari temen…
Thank you…^^

lagu Spesial di CD ini

Mariah Carey – Without You
Avril Lavigne – When You’re Gone

deg-degan..dengernya, jeng!
walopun lagunya Mariah Carey uda lawas, tapi teteup bikin hati dag dig dug
hehehe…tak tahu kenapa
keren pisan eyh…
ingat zaman lalu tho, ndin?
stop…!lupakan, jeng!^^
Beyonce – Irreplaceable
lagu ini mengingatkan ndin akan hangatnya sisterhood ama mbk ririn,,
sebenernya lagunya gak nyocok banget
gini ceritanya
waktu tu kita berdua lagi jalan bareng [wa kesempatan jalan ama mbk ririn tu jarang banget lho, coz kita sama2 sibuk,,heuheu]
ngobrol bareng
makan bareng
pokoke have fun banget de berdua
trus…
gak sengaja ndin mendendangkan lagu itu…dan mbk ririn denger de dendangan ndin yang kacau pisan
jadilah kita nyanyi bareng keras-keras lagi, sampe orang lain ngelirik kita
asli kita gak sadar, tp emang dasarnya kita cuek siy,,,
maklum cita-cita penyanyi gak kesampean jadi gitu de…

Spice Girl – Viva Forefer dan Goodbye
lagu ini pernah diputar di acara perpisahan SMA
Sedih banget
masa SMA uda lewat gitu aja
tapi momen momen tangis menangis masih keinget ampe sekarang
apalagi lagu ini diputar pas puncak acara
huh…sudah de makin menjadi-jadi tangisnya
untuk temen2 SMA ndin

Elin, Ugi, Sukma, Lien, Laras, Wilda, dll

persahabatan bukan ikatan biasa
bukan tangan yang terikat karena dipaksa
tapi hati yang saling memaut
saling bercengkerama

persahabatan bukan suatu kemarin
ia adalah zaman yang tak dikenal
tapi terukir dalam hikayat para pujangga
yang terbenam dalam sebuah prasasti jiwa
dalam sejarah nyata

persahabatan adalah benang yang kita sulam bersama
kita bubuhi accesoris tawa di pinggirnya
kita kaitkan satu persatu dengan jarum cinta kita
teruskan sulaman itu…
sampai jarumnya patah karena umurnya

Semua lagunya reminds me about everything…
Makasih, teman-kyu….
baiknya dikau…^^

sore itu..saat ndin masih praktikum,,hape bergetar

“siapa ya yang missed-call?”

lama kemudian, setelah praktikum usai ndin buka hape ndin di saku celana.

Missed-Call= 1

kubuka daftar call-nya

Terhentak ndin melihatnya

sungguh, ndin terenyuh.

Kulihat pada layar hape  dari daftar call-nya

e-y-a-n-g-Q

Kucek nomornya…nomor hape beliau kah?

ternyata bukan, itu nomor rumah beliau di sidoarjo,,,miris,,,

“eyang, astaghfirullah, lama daku tidak mengabari eyang uti…”

sekejap kemudian ndin terpikir untuk langsung menelpon beliau..

tapi sesaat pula ndin sadar yang sebenarnya…

sangat menyakitkan!!!

ku menuju write new

“bunda, kenapa ya eyang missed call dik. Tapi sayang dik gak ngangkat karena lagi praktikum, knapa bunda?ada sesuatu?” begitu sms kulayangkan pada bunda

lama kemudian hape bergetar tanda ada sms yang masuk

“Oh gak papa ko dik. eyang cuma pingin menunjukkan care pada dik dan mbk aja,jadi missed-call nya pake nomor rumah. lagian nomor hapenya juga uda musnah, jadi pake rumah. Kata eyang gak usah dibales, eyang cuma pingin missed-call.” berikut sms balasan bunda

ga usah dibales?pikir ndin

ndin pingin nelpon kesana, beliau sudah sepuh, jauh lagi dari cucu-cucunya

kasian beliau…

tapi pasti gak bisa telpon ke beliau, karena hal itu….hiks kasian eyang

Eyang ndin tinggal di surabaya dulu, tapi sekarang uda pindah ke daerah sidoarjo.

argh!pas ada lumpur lapindo lagi!

ndin dan keluarga jadi khawatir

masalahnya beliau hanya tinggal dengan seorang saudara dan eyang buyutku…

sedangkan keluarga yang lain ada di surabaya

tapi ada hal lain yang membuat ndin dan keluarga putus komunikasi dengan beliau

putus komunikasi bener-bener makin membuat kami khawatir.

kenapa bisa putus komunikasi?

semuanya berawal dari cinta [halah!]

iya bisa dikatakan saudara ndin punya hubungan spesial dengan seorang wanita,

tapi entah kenapa si wanita ini selalu menampakkan gelagat yang buruk,

jadinya hubungan itu gak bertahan lama

tapi namanya juga cewek yang gak punya perasaan, wanita itu mulai meneror,,

trus dan trus…

setiap detik dy menelpon rumah eyang

setiap menitnya

jadi kalo ndin telpon selalu aja nadanya sibuk.

keluarga jadi gak bisa nelpon eyang sama sekali..

dan itu berlanjut sampai sekarang….

yang kukagumi adalah ketabahan eyang menghadapi teror itu, sempat beliau angkat teror telpon itu

“Halo Assalamualaikum warahmatullaah wabarakaatuh”

suara penelpon nya diam bahkan si penelpon menyetel lagu dangdut gak karuan

eyangku tersenyum sambil ia membacakan Al Fatihah dengan merdunya.

tiba-tiba penelpon langsung mematikan telpon…

ingat akan hal itu bener-bener buat ndin sedih.

eyang sudah sepuh, tapi kenapa ada org yang tega neror beliau..

tapi salutnya eyang selalu tersenyum jika menanggapi hal ini…

“yah,,biarin aja,,nti kan dapet balasan di akhirat,” ujarnya sambil tersenyum sabar

eyang,  tu men manque….

malem itu ndin ditelpon panda…

kangen yang teramat sangat setidaknya seperlimanya uda tersalurkan…

“bapakkk…”

“dik andin…”suara bapak beda..ada rasa kangen yang teramat sangat yang terdengar di suaranya, beliau sambil tersenyum sambil tertawa senang mendengar suara ndin…kebahagiaannya terdengar di setiap nada bicaranya, senang campur haru….

“pak,,,kangen….”

“hehehe iya dik…tapi ya gak papa ya dik, kan menuntut ilmu,,,”suaranya seperti menahan tangis kangen…

tangisku pingin keluar, suara bapak benar-benar membuat ndin kangen,

pak….kangen banget….

“iya pak,,,nyuwun pangestunipun nggih pak [=minta doa restu ya pak (bahasa Jawa alus)] “

“iya dik ya…bapak doain dik dan mbk mendapat yang terbaik…..sabar ya dik….”

—lama kemudian—

“pak, dik kangen loh pak, dik gak tau bisa pulang ke lampung apa gak, ada praktikum soalnya…, padahal dik kangen berat ama bapak ibu”

“iya gak papa, kan telepon ini aja uda cukup”

ndin tahu di dalam hatinya semua itu gak cukup, sudah hampir setengah tahun ndin gak ketemu beliau, pasti beliau sudah kangen banget, begitupula ndin. selalu bermimpi akan beliau,,,

pak,,,panda,,,bapakendun,,,miss u!!!

hoah….tgl 22 juni kmaren ndin selese praktikum dasar-dasar bioproses…
gimana rasanya jeng?
hih lega bangget dah…^^
yupz sayangnya momen2 trakhir praktikum gak diabadikan ama anak-anak [temen-temen ndin]
padahal sharusnya momen2 penuh penyiksaan dan penderitaan harus dikenang spanjang masa…wakakakak…berlebihan atuh ceu’…
tapi tenang aja,,,pas ujian akhir penutup kita harus foto-foto,,,kapan lagi coba?!

lega lega lega
mata gak capek lagi
hati gak dongkol lagi gara-gara gak nemuin bayangan benda di mikroskop!!
gak tidur malem 3jam lagi gara-gara ngerjain tugas pendahuluan, jurnal yang seabreg, revisi pengamatan yang …capye deiyh…

hari jumat kemarin adalah hari kemenangan,,,kawan!!
puas rasanya!!

tapi entah kenapa ya hari terakhir rasanya juga capek bangget?!
rasa dongkol pun masih ada
habis…masak enak aja si X naruh biakan bakteri di meja ndin!
gak dicuci lagi tabungnya
dasar! siapa pelakunya?! enak aja..masak ndin yang harus nyuci punya orang?!plis de…
untungnya si X nyadar…habis tatapan ndin maut dahsyat…
takut kali yah ama ndin,,hehehe,,,biarin ajah…kan uda tanggung jawab sendiri untuk beresin punya masing-masing,,betol gak?!siip!

lanjuuut….
oya dengan praktikum ini
anak2 bioproses makin akrab
senasib sepenanggungan siy soalnya
habis kadang suka tuker2 data…[cem mana pula niy!]
tapi tenang bos! asistennya aja malah nyuruh kita untuk tuker data yang benar…habis pengamatan kan gak semuanya berhasil,ada jg yang gagal
kadang suka curhat-curhatan bersama
[nah curhatan niy biasanya ditujukan ke asisten,,hehehe, hbs kadang asistennya menilai semua tugas kita secara subyektif siy..trus gak konsisten juga lagi, si asisten awalnya nyuruh gini eh tau-taunya dia marah-marah karena harusnya gak gini tapi gitu…capye deiyh, yang bener yang mana tho mas?]
kadang suka nyanyi-nyanyi gak jelas di lab [Maroon 5-Makes Me Wonder, Way Back of Love-Hugh Grant, dll]

huh setidaknya praktikum ini hanya diadakan 2 minggu saja,,
untung gak sampe 3 bulan seperti tahun 60-an dulu,,,huh gak kebayang kalo harus 3 bulan praktikum tiap hari yang kerjaannya dengan mikroskop mulu [sakit mata, jeng!!]

oya satu lagi…
setidaknya ndin uda dapet hal-hal baru di praktikum dasar-dasar bioproses ini
tahu akan bakteri yang ada di air minum,
tahu akan fermentasi susu
tahu akan fermentasi glukosa
terampil dalam penggunaan mikroskop
terampil dalam membuat agar untuk medium mikroba
terampil dalam pengkondisian aseptik

tapi masih aja ada kurangnya loh,,hehehe
nggesek mikroba ke agar yang masih blepotan [agarnya sampe ikut kegores]

hehehe satu lagi senengnya eyh…
ndin gak dapet ‘bonus’ hukuman!
iyah,,,di praktikum ada ‘bonus’ hukumannya loh!
dari 23 orang, hanya ada 5 orang yang bebas dari ‘bonus’ hukuman termasuk ndinndun ^^
‘bonus’ hukuman naon?
itu tu hukuman bagi anak-anak yang pas praktikum mejanya kotor, trus lupa gak absen, telat dateng, gak ngerjain salah satu percobaan,,,
ah senangnya, ntu berarti ndin gak perlu bikin laporan tambahan sebagai penghapus ‘bonus’ hukuman,,,senangnya,,,^^

hiks sudah mengalami kejenuhan niy

setelah hampir dua minggu praktikum

yang praktikumnya tiap hari  dari  jam 8 pagi ampe jam 4 sore

yang kerjaannya ngamati bakteri di mikroskop

pusing!

mata capek!

duw…jenuh jenuh jenuh

pingin pulang

kangen ama bunda panda

kangen ama rumah

kangen ama liburan

jenuh di sini

hiks….1 hari lagi, jeng!

tapi teteup gak bisa pulang eyh…hiks

bunda panda,,,ndun kangen pisan

kangen berat…

hwa….!!!

kangen ama bantal juga ^^

ia berjalan tersendat
sudah lama ia menahan keinginannya untuk berhenti sejenak…
ia atur napasnya
sedikit demi sedikit ia menatap ke depan
disana pasti!
ayun langkahnya semakin yakin
disana pasti!
pasti!

ia sudah berpuluh meter
dengan berratus gram
peluhnya kembali ngucur
dengan wajahnya yang kekar
yang keras ingin berada di depan sana

ia tarik semuanya
tetap ia ayunkan
walau setiap pandangan hanya menatap risih saja
ia tahu…
semuanya kotor
dan semuanya hanya ingin menjauh darinya

di depan kulihat ia
entah antara kesabaran atau kesadaran
ia menatap ke depan lagi
melihat sekelilingnya
ya…ia berada di depan megahnya Salman
di depan kampus yang selau memicingkan mata padanya
jijik mungkin batinnya
ia harus secepat ke depan
karena di sini ia tak diharapkan
baunya sudah menyengat
bebannya semakin berat

ia berhenti sebentar…
mengelap peluh
sambil menjongkokkan diri
“Ya ALLAH…”
capai mungkin batinnya
lelah
ia mungkin sudah mengemban amanat itu berpuluh-puluh tahun
tapi ia tak peduli
kata nyai di rumah asal halal, mungkin

kali ini aku melihatnya lagi
ia menarik napas dalam
sangat dalam
menatap ke depan dengan yakin dan tangguh
sambil tersenyum sedikit [subhanallah…]
dan ia tarik semuanya…
melangkah menjauhi orang-orang dari sampah hasil mereka sendiri….

[salut untuk bapak-bapak pembawa sampah yang ndin lihat sore itu…]
[semoga mendapat ridha dan pahala dariNya…, amin…]

tanpa sadar, mereka adalah bintang bagi hidup kita
tapi kenapa? kita sering memarahinya?
mengumpatnya?
bahkan menatapnya dengan tatapan yang risih?
hanya karena mereka membawa sampah yang bau sekali…
apakah kita harus bersikap seperti itu….?

terima kasih, Pak…

heuheu…ngelanjutin jeng!

ternyata manfaat ndin ikutan praktikum dasBP bagus juga….heuheu

ndin jadi tahu bo’ bahwa ternyata air yang ndin minum selama ini mengandung bakteri…[alamak!!]

ada sampel air yang mengandung bakteri Coli juga loh…

jadi gini niy…

praktikan pada ngambil sampel air di kampus dari tempat yang berbeda-beda…

nah sampel air tersebut dimasukin ke tabung yang uda dikasi agar pepton laktosa dan tabung Durham, sampel air tersebut juga dimasukkan ke cawan petri yang uda diisikan agar pepton laktosa di dalamnya

nah dari pengamatan tersebut terlihat bahwa ada koloni bakteri yang ada di sampel air tersebut [setelah didiamkan 24 jam]

bahkan dari sampel air minum di sutu lokasi kampus, muncul gelembung gas pada tabung Durham yang mengindikasikan adanya bakteri Coli pada sampel air minum

kenapa gelembung gas pada tabung Durham mengindikasikan adanya bakteri jenis Coli?

jawabnya karena hanya bakteri jenis inilah yang dapat mengubah laktosa menjadi asam laktat dan gas [nah gas inilah yang terperangkap dalam tabung Durham]

sedangkan dari sampel yang ndin amati, gak ada gelembung gas pada tabung Durham [berarti gak ada bakteri Colinya]

tapi di cawan petri-nya terdapat bintik-bintik putih bening yang mengindikasikan adanya bakteri jenis lain [bakteri bukan coli]

nah loh!!!parah dah!

banyak yang bertanya

aku ini mau jadi apa

kok gak kuliah

ga juga kerja

aku bilang ini aku adanya…

itu siy lagu yang biasanya didendangkan anak-anak jalanan di daerah tamansari deket kebon bibit

kadang suaranya sumbang…

kadang petikan gitarnya gak masuk ama lagunya….

nadanya siy enak’eun

tapi terdengar ada rasa cuek dan ‘biarin apa adanya’

kayak ‘pasrah’ akan hidup gituw….

padahal hidup tu harus dengan semangat…

ga boleh ngoyo kan??

[dengerin tu ndin!]

haree genee praktikum….?

pasti itu respon tmn-tmn ndin saat tahu kalo libur-libur gini ndin ikut praktikum…
praktikum apa siy?
yupz…yang ikut praktikum ini khusus anak-anak teknik kimia yang ngambil subjurusan teknologi bioproses…nah ini adalah praktikum sebagai salah satu kelulusan dari mata kuliah dasar-dasar bioproses….
kenapa pas liburan???
waktu tu siy dosen tampak lagi sibuk dan alasan-alasan lain…
sebel juga siy pas ndin dan anak-anak bioproses tahu kalo praktikumnya bakal diadain setelah ujian akhir..
habis gimana gak?! semua anak teknik kimia subjurusan bioproses mendapatkan nilai T untuk mata kuliah dasar-dasar bioproses karena blm praktikum
dan parahnya praktikumnya diadain pas liburan! hwaaa..gak bisa pulang eyh….

tapi senengnya siy ada…coz pas kuliah kemaren2,,,ga bakal terganggu dengan adanya praktikum dasbp yang terkenal mengerikan

yupz mengerikan
emang bener ngeriin de
pasalnya praktikum ini diadain tiap hari
trus bikin jurnal uda pasti tiap hari, tapi gak hanya 1 modul loh…sampe 6 modul gitu
trus blm lagi tugas pendahuluannya [TP] yang perlu searching di internet sagala
blm lagi nge-benerin pengamatan modul sebelumnya
belum lagi praktikum yang diadain dari jam 8 pagi sampe jam 15.00
belum lagi praktikumnya kebanyakan mengamati bakteri pake mikroskop [asli niy mata capek pisan!!!]

bener-bener capek de…
emang bener kata angkatan atas…

“asli salut ama anak BP [bioproses],,, sibuk pisan…”
tapi gimana pun…emang ndin suka bioproses…tapi masi blm bisa terima dengan keseharian praktikum ini…duw…telen dulu aja de….T_T
anggap semuanya menyenangkan….
[kapan-kapan mw ngeblog ah…review praktikum ndin selama minggu ini,,,hehehe]